Training Pengembangan Diri Beswan Mahaghora

Training 7 Habits @BeasiswaMahaghora

Hallo guys, baru saja beberapa waktu yang lalu team organisasi Beasiswa Mahaghora melaksanakan event Training Pengembangan yang bertema “The 7 Habits” yang dikhususkan untuk penerima Beasiswa Mahaghora. Acara yang diadakan selama 3 hari ini memberikan ilmu yang sangat banyak loh guys. Acara ini dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 8 Agustus 2015. 

Di hari pertama, semua peserta langsung mendapatkan tantangan, peserta harus mampu menjual barang yang sudah disediakan dari pihak panitia. Dengan challenge yang diberikan ini diharapkan peserta bisa mendapatkan pengalaman baru dan mampu mengeksplore kemampuan yang dimiliki.
Sebelumnya semua peserta diminta oleh Pak Vincent untuk mengumpulkan dompet, ponsel dan semua barang yang dibawa peserta agar tidak terjadi kecurangan. Semua kelengkapan itu dapat diambil kembali pada hari ketiga.
Peserta diberi waktu sekitar 2 jam untuk bisa menjual habis dengan target yang sudah ditentukan untuk mendapatkan fasilitas Villa nantinya. Kira-kira berhasil semua tidak yah? 
Meski waktu yang diberikan cukup singkat, kedua kelompok berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan sebagai pembuka event training kali ini. Dan seluruh peserta bisa menikmati fasilitas dari jerih payah peserta dengan berjualan barang-barang yang disediakan tadi.
Setelah peserta istirahat selanjutnya adalah masuk ke sesi training yang diawali dengan pembukaan oleh pemateri yaitu Bapak Denny Khoesdianto selaku Div. Head Learning & Development PT. Mahaghora. 
Sebelumnya perlu diketahui guys, event training pengembangan ini diadakan di sebuah lokasi Villa milik Kapal Api yang berada di Trawas. Lokasi ini berada di daerah dataran tinggi, yang memiliki pemandangan yang sangat indah. 
Ok guys, setelah acara dibuka, materi dimulai dari kebiasaan manusia yang pertama karya Stephen R. Covey, Be Proative. Yang diawali dengan presentasi oleh Kelompok pertama. Presentasi yang dibawakan sangat seru guys. Kedua kelompok pun saling silang pendapat. Hal ini berlangsung hingga malam hari.
Hari pertama pun akhirnya usai ketika jarum pendek di arloji hampir menyentuh angka 12. Sekejap peserta sudah tertidur di kamar masing-masing. 
Training 7 Habits @BeasiswaMahaghora

Hari kedua, semua peserta telah siap tepat pukul 06:00 pagi hari. Semua menuju lantai 2 villa Kapal Api. Pagi itu semua mulai dengan meditasi ringan yang dibantu oleh Pak Vendy. Setelah kegiatan itu, dilanjutkan dengan sarapan kemudian diisi materi selanjutnya oleh pemateri.

Lagi-lagi di hari kedua presentasi penuh silang pendapat antar kelompok berlangsung seru. Mereka mempertahankan opini masing-masing. Bahkan, pemateri Bapak Denny memberikan penjelasan dengan berbagai cara yang cukup unik. 

Hari kedua pun usai hingga larut malam loh guys. Tapi, semua belum berakhir, ada kejutan berupa Sate dan Bakso yang sudah siap disantap para peserta. Hemm nyammy, semua meikmati makanan tersebut  hingga puas. Maklum saja ketika makan malam mereka harus berbagi antar peserta. 

Setelah kenyang melahap sate dan bakso, tampak peserta tak langsung menuju tempat tidur, melainkan menuju ke lantai dua Villa Kapal Api. Berhubung saat itu adalah malam terakhir maka semua peserta tampak menikmati malam itu. Ada yang bermain kartu, billiard, dan sekedar melihat-lihat pemandangan berupa cahaya lampu-lampu dari rumah-rumah di bawah sana. Kegiatan ini berakhir hingga pukul 02:00 dini hari. 
Hari ketiga, seperti seblumnya peserta sudah siap pada pukul 06:00, namun mereka diperbolehkan untuk menikmati udara pagi saat itu hingga pukul 7:00. Setelah itu peserta melanjutkan dengan menyatap sarapan pagi. 
Setelah perut terisi, kemudian dilanjutkan diskusi oleh ketua organisasi. Diskusi berlangsung selama seitar  60 menit. Yang kemudian dilanjutnya dengan GAMES.

Peserta sangat antusias mengikuti games pagi itu. salah satu game yang cukup seru adalah jaring laba-laba, dimana peserta harus menyebrang dari satu tempat ke tempat lain melewati jaring tersebut tanpa boleh menyentuh jaring tersebut. Sangat seru melakukan permainan ini, hingga ada peserta yang terjatuh. 

Selain permainan jaring laba-laba, peserta juga bermain dengan melibatkan air guys. So, peserta harus rela untuk basah saat itu. Kecerian peserta tak berakhir begitu saja hingga permainan puncak yaitu harus berjalan mencari bola pingpong di dalam kolam renang dengan mata tertutup. 
Wih, bagamimana sungguh menyenangkan bukan kegiatan peserta Beasiswa Mahaghora ini. Tunggu kegiatan selanjutnya yah guys, dan jangan lupa selalu update informasi Beasiswa Mahaghora di sini.

  Video dokumenter :


Oleh: Fajar Umarsandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *