Manfaat Organisasi Bagi Remaja

Organisasi
Pada hakekatnya manusia itu memiliki sifat sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial. Dalam kaitannya sebagai makhluk sosial maka manusia akan selalu berhubungan antar sesamanya, hal tersebut dilakukan karena tiap-tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelemahan orang yang satu dapat ditutupi oleh kelebihan temannya yang lain sehingga akan terbentuklah suatu kerjasama.
Jika dalam bekerjasama tersebut terdapat struktur yang jelas dimana tiap-tiap orang memerankan fungsinya masing-masing untuk memperoleh tujuan yang sama dan mereka rutin melakukannya maka terbentuklah apa yang disebut dengan“organisasi ”, itulah yang membedakan organisasi dengan kelompok. Ada beberapa syarat yang harus dimiliki agar suatu kelompok dapat dikatakan sebagai organisasi, seperti adanya anggota, adanya sistem kerja yang terspesialisasi, adanya struktur keanggotaan yang jelas, dan permanen.

Tanggung Jawab

Organisasi sepatutnya memang penting untuk ditumbuh-kembangkan selagi masih muda, belajar berorganisasi akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri seseorang. Kenapa dalam berorganisasi seseorang dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab? Tidak lain adalah karena dalam organisasi terdapat struktur yang jelas dimana tiap oang memiliki fungsi dan tugas masing-masing sesuai kedudukannya dalam organisasi. Misalkan di Pers Mahasiswa anggota bertanggung jawab menyelesaikan tugas pada editor, editor bertanggung jawab pada pimpinan, dan pimpinan akan bertanggung jawab terhadap masyarakat luas. Sehingga dalam berorganisasi orang akan mengenal apa yang disebut etos kerja dan kedisiplinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *